Jumat, 21 Agustus 2009

antara konta dan pasopati




konta dan pasopati adalah dua senjata agung yang sangat dahsyat. mereka memang gagal bertemu karena kecerdikan dari bhatara kresna. tetapi jelas bahwa dua senjata ini sangat dahsyat dengan karakteristik masing masing. pasopati adalah pemberian bhatara siwa kepada arjuna setelah bertapa dalam lakon arjuna wiwaha. sementara konta konon pemberian bhatara indra kepada adipati karna karena pengorbananya yang dilakukan.

adipati karna memperoleh konta dalam sebuah upacara pengorbanan banyak versi. ada yang mengatakan bahwa beliau mendapatkan konta dengan cara memenuhi permintaan ibunya yang meminta anting dan rompi bhatara surya yang membuatnya tak tertembus senjata apapun di jagad. karena bahagia karna menyerahkan kepada ibunya walopun karna tau ibunya melakukan itu agar arjuna menang atas dirinya. untuk memotong anting dan rompinya karna menggunakan pisau karena konon baju itu melekat di dirinya. karena trenyuh terhadap pengabdian sang putra matahari, indra datang menyerahkan konta.

versi lainya hampir sama. tetapi yang meminta adalah bhatara indra sendiri. dimana karna saat itu sedang bertapa. dan karna menyerahkan rompi dan antingnya dan ditukar dengan senjata konta wijayandanu yang perkasa. versi lain menyatakan konta didapat karena narada salah memberikan kepada karna karena dikira arjuna. ini terjadi pada saat peristiwa lahirnya gatotkaca yang pusernya tak bisa dipotong. padahal teori yang menyatakan arjuna mirip karna sangat tidak beralasan. karena toh karna tak jd seperti arjuna yang dikejar kejar wanita. singkat cerita dapat disimpulkan bahwa karna mendapat konta karena pengorbanan yang tulus.

sementara arjuna mendapat paospati sesuai arjuna wiwaha adalah karena tapa brata yang sempurna. dimana arjuna memuja syiwa dan menjadi begawan cipto ening. dimana arjuna digoda oleh bidadari dan bermacam hal lainya dan lolos. ya kesempurnaan itulah yg membuat bhatara siwa sang mahadewa turun untuk bertemu arjuna dan memberikan pasopati. tak cukup itu saja arjuna juga diangkat ke khayangan dan didaupkan dengan para bidadari. dimana arjuna telah berjasa membunuh raksasa niwatakaca yang hendak menyerang khayangan. pasopati berasal dari tapa yang sempurna.

entah bagaimana jika saja konta berjumpa paospati. siapa yang lebih kuat masih menjadi teka teki luar biasa. karena pasopati dan konta dianggap memiliki kekuatan yang mampu melebur jagad. konta ahirnya melengkapi gugurnya gatotkaca satria yan tak bisa terbunuh karena kerasnya kulitnya. sementara pasopati ahirnya memenggal kepala adipati karna yang ditangisi habis habisan ahirnya oleh ibundanya dewi kunti yang tak pernah memperhatikan sang sulung selama hidupnya.

tancep kayon.

6 komentar:

  1. Yg menang karna lah karna ia anak dewa bhatara surya dan dianugrahi banyak hal sedangkan arjuna tidak pandai memanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hei bodoh arjuna itu anak dewa indra di dalam agama hindhu

      Hapus
  2. Ceritanya sering membingungkan krn banyak versi belum lg byk kejanggalan

    BalasHapus
  3. Benar. Pada saat duel antara Karna dan Arjuna, seluruh langit tertutup mendung gelap yang tebal, pertanda Dewa Indra (dewa hujan) berusaha melindungi putranya, Arjuna. Namun ada sorot sinar matahari yang menembus mendung pekat itu dan sinarnya jatuh menerpa Karna, pertanda Dewa Surya melakukan hal yang sama pada putranya, Karna.

    BalasHapus