Sabtu, 08 Agustus 2009

gandamana pemoteng sengkuni dan drona



gandamana adalah tokoh yang spesial. karena raden gandamana ini membuat cacat dua orang yang memiliki perangai yang terkenal sangat buruk dalam wayang jawa. ya raden gandamana membuat rusak wajah dan tubuh haryo suman alias sengkuni. raden gandamana juga merusak wajah dan tubuh resi drona. kedua duanya dikarenakan sikap yang tidak baik yang dilakukan oleh kedua tokoh tersebut.

alkisah raden gandamana berguru pada raja hastina prabu pandu dewanata. dan mengabdi sebagai patih kerajaan hastinapura. rupanya hal ini membuat iri haryo suman adik gendari dari ploso jenar. dia menginginkan sekali jabatan patih kerajaan hastina. dalam taktik yang dilakukanya terjadi perang antara hastinapura dan negeri raksasa pringgandani. dalam serangan pertama pasukan hastina yang berhadapan dengan pasukan kerajaan pringgondani dipimpin oleh patih gandamana. dimana sengkuni dan kurawa mengikuti dari belakang.

bukanya membantu malah sengkuni membuat bingung barisan hastinapura dan berantakan pasukan hastinapura. sehingga tentara pringgondani menangkap gandamana dalam sebuah sumur jebakan dan menimbuninya dengan batu. sementara haryo suman pulang bersama kurawa dan menceritakan bahwa gandamana telah berkhianat dan membela raja tremboko. dan ini diiyakan oleh kurawa sebagai penguat kesaksian palsunya.

raja pandu merasa sangat marah. dan berniat mengumpulkan pasukan untuk menyerang pringgondani untuk kedua kalinya. saat itu gandamana mampu membuat lorong dan lepas dari jebakan sumur pringgandani. dia lalu ke istana dengan kesal karena tahu bahwa haro suman yang berulah. gandamana punya sipat emosi dan berangasan. ketika masuk istana dia tak pamit pada raja pandu lalu langsung saja merobek mulut haryo suman dan membuat hancur wajah dan tubuhnya cacat. saat itu haryo suman beralih nama jadi sengkuni.

pandu dewanata marah dan mengusir gandamana dr keraton. dan sengkuni dinaikan jadi patih. maka gandamana pulang ke pancala. dan kisah menunjukan bahwa sengkuni membuat berahir riwayat pandu dewanata. karena seranganya ke pringgondani membuat raja tersebut gugur bersamaan dengan gugurnya raja pringgondani pabu tremboko. gandamana pulang dan diangkat jadi patih dipancala.

suatu saat datanglah seorang resi muda tinggi hati yang memanggil manggil dengan tidak sopan nama raja pancala. resi muda ini memanggil nama kecil sang raja yang merupakan sahabat karibnya didepan paseban agung yang dihadiri banyak orang. tindakan ini dianggap sangat tidak sopan dalam tata krama keraton. saking marahnya gandamana menggeret keluar sang resi muda dan juga merobek mulutnya dan membuat cacat tanganya. resi muda itu kelak bernama resi drona. salah satu resi yang dianggap "nyeblang" dari adat dan sering membuat ide ide buruk bersama sama patih sengkuni untuk melenyapkan pandawa dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar