Jumat, 14 Agustus 2009

operasi penyusupan aswatama-kertamarma



telah gugur duryodana dalam perang. dia di gada sampe pecah kepalanya oleh werkudoro. dan sudah menang pendawa atas kurawa. tinggal satu kurawa yngmasih hidup. dia bernama kertamarma. raden kertamarma lari kedalam hutan, dia merasa sangat marah. dia merasa bahwa yang menyebabkan kejatuhan kurawa adalah permaisuri banowati sendiri. istri duryodana itu dianggap membuat kalahnya kurawa. terutama karena membiarkan dursasana pergi dari keraton hastinapura dan menyongsong ajalnya. dendam kertamarma membara setinggi langit. sementara dia berjalan bertemulah dia dengan aswatama yang sedang bertapa dalam hutan.

aswatama sendiri telah diusir oleh prabu duryodana karena pertengkaran dengan salya. aswatama melihat bahwa prabu salya separoh hati menjadi sais kereta adipati karna sehingga ahirnya adipati karna gugur ditangan arjuna. dengan berani aswatama mengungkapkan hal ini di depan para tetua hastina. tentu saja salya marah sekali. dan bahkan ingin membunuhnya dengan tanganya sendiri. hal ini dilerai oleh duryodana. tentu duryodana membela mertuanya dengan harapan salya mau membantu dirinya menjdi senopati selanjutnya. karenaitu aswatama diusir dan dinyatakan tak bolehhidup di wilayan hastinapura. karena itu aswatama masuk hutan dan bersamadi menahan sakit hatinya.

bertemunya aswatama dan kertamarma membuat mereka mempunyai semangat untuk kembali berjuang. ya kurawa blom kalah, mereka sangat sangat mengingat bagaimana sesepuh mereka gugur karena kelicikan pandawa. resi bhisma gugur karena dihadapkan dengan srikandi hanya karena resi bhsima tak mau melawan wanita maka dia biarkan segala serangan srikandi masuk ke badanya dan gugurlah dia di medan perang. masih sangat terasa bagaimana resi drona di bohongo, bahwa anaknya aswatama dikatakan mati sehingga resi drona yang tak terkalahkan itu memilih sedakep menyongsong ajal. saat itulah kepalanya ditebas oleh drestajumna. masih terkesan bagaimana adipati karna gugur hanya karena ketak kooperatifan prabu salya sebagai kusir. dan juga kematian prabu salya yang gugur ditangan puntadewa, tanpa perlawanan dan tewas oleh jamus kalimasada. terahir gugurnya duryodana dalam perang tanding gada berdua melawan werkudoro.

maka pasukan kusus aswtama, dan kertamarma menyusun kekuatan. mereka menjadi bajing bajing lincah, dan harimau harimau bertaring baja yg siap menintaskan karma. karma atas kelicikan yang sering disebut kecerdikan. dan tenda pandawa malam itu sangat lengang.mungkin mabok kemenangan. mungkin juga kelengahan karena mengira musuh sudah terkalahkan, mungkin juga kelelahan. dan korban pun berjatihan. sang penjagal resi drona tewas tertusukcundo manik saat tertidur oleh tangan aswatama, demikian juga jagal resi bhisma srikandi tewas ditusuk cundo manik. dan raden pancala putra mahkota indraprasta anak drupadi itupun tewas ditangan aswatama, membayar karma ibunya yang mengobarkan perang demi semangkok darah dursasana. tak akan ada lagi keturunan drupadi yg jadi raja.

aswatama hanya kalah oleh titah dewa, kalah oleh parikesit anak abimanyu yang bapaknya dikeroyok kurawa dalam kematianya. parikesitlah yang membut aswatama ketahuan oleh pandawa dan ahirnya tewas di gada oleh bima setelah pasopati sempat melesat karena ditendang parikesit sang bayi dan membuat aswatama buta. sementara itu di kaputren, banowati yg sudah menunggu arjuna untukbersatu setelah berselingkuh lama ahirnya gugur oleh kertamarma. hasrat untuk bersatu dengan arjuna setelah suaminya duryodana gugur tak pernah kesampaian. gugur oleh senjata limpung raden kertamarma. saat itulah leher kertamarma dipanah oleh arjuna sehingga gugurlah kertamarma.

serangan dalam semalam itu membuat hancurnya abrian pandawa.karena banyak yg gugur menemui ajal karena karma mereka sendiri. serangan ala "taktik operasi kusus" yang luar biasa. penyusupan yang sangat membuat bergidik sejarah. penyusupan yang dilakukan oleh dua orang yg diremehkan. kertamarma dan aswatama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar