Selasa, 11 Agustus 2009

dendam adipati karna 2





kejadian di stadion hastinapura itu kembali terjadi di alun alun stadion pancala. saat itu drupadi disayembarakan. salah satu versi menyatakan yang dipertandingkan adalah bagaimana bisa mengangkat sebuah busur sakti. saat itu pandawa juga sedang menuju pancala. dan drupadi sudah berharap bahwa pandawalah yang akan menyuntingnya. sebelum rombongan kurawa tak ada yang mampu mengangkat busur panah sakti itu. lalu datanglah kurawa. beberapa anggota kurawa mencoba untuk mengangkat busur panah itu. tetapi tak ada yang bisa. lalu majulah sang adipati karna. dia mengangkat dengan mudah busur itu dan siap memanahkan panah sakti menggunakan busur itu ketika drupadi tiba tiba berteriak.

kaget seluruh podium ketika drupadi menunjukan telunjuknya kepada adipati karna dan berkata "aku tak ingin menikah denganmu wahai anak kusir kereta berkasta sudra". dan merahlah wajah adipati karna. dia letakan busur itu dan menelan kepahitan penghinaan drupadi. dan inilah yang menjadi "karma" drupadi. adipati karna benar benar merasa sangat dendam kepada drupadi karena telah dipermalukan sedemikian rupa. setelah itu baru datanglah rombongan arjuna dimana arjuna yang mampu untuk mengangkat busur serta memanahkan panah sakti ke sasaran. dan drupadi dipersembahkan kepada kakaknya yudistira. versi india menyatakan drupadi menikah dengan 5 orang pandawa. dan versi jawa yg lain menyatakan selain turnamen busur juga ada turnamen berkelahi dimana bima menang melawan gandamana paman drupadi patih pancala.

karena penghinaan drupadi pada karna itulah maka suatu saat ketika drupadi dan pandawa kalah dalam permainan dadu. maka drupadi ganti dipermalukan di balairung kerajaan hastinapura. dimana drupadi dijambak oleh dursasana dan di lepas pakaianya didepan sitinggil. drupadi menerima karmanya karena telah menghina adipati karna di depan alun alun pancala saat itu. demikian juga pandawa, mereka jadi orang yang tak memiliki tempat berteduh dan buangan selama 10 tahun. karena karma mereka saat masih menjadi satria muda hastinapura dan menghina hina adipati karna hanya karena berbeda kasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar