Jumat, 07 Agustus 2009

salahkah prabu duryodana menuntut tahta?



duryodana tidak lahir dalam keluarga putra mahkota. dia lahir sebagai anak seorang adipati. adipati destarata dari kadipaten gajah oya. dia memang bermain dan besar diistana dan diasuh oleh sengkuni. sengkunilah yang memasukan virus virus kebencian. karena sengkuni merasa harus menyingkirkan pandu agar bisa menaikan kakaknyagendari sebgai ratu hastina. dengan begitu dia bisa mulus menjabat sebagai patih hastina. duryodana dan adik adiknya harus puas melihat besarnya anak anak pamanya yang menguasai kerajaan. ya pandawalah yang justru besar diistana. mereka lahir ketika pandu dewanata menjadi raja agung kerajaan hastinapura.

sebagai anak turun destarata tentu duryodana mengetahui bahwa seharusnyalah ayahnya yang menjadi raja hastinapura bukan pamanya pandu. hanya karena ayahnya cacat sajalah maka pandu dewanata diangkat sebagai raja melangkahi destarata. ditambah hasutan sengkuni semakin dendamlah duryodana dan para kurawa terhadap paman mereka dan anak anaknya. maka diadakan sebuah kelicikan dimana sengkuni mengadu domba antara kerajaan pringgondani dengan kerajaan hastina pura. sehingga terjadi perang yang besar. dimana dalam perang itu mengorbankan kedua belah raja kedua belah pihak.

pandu dewanata berhasil membunuh raja tremboko dari pringgondani dengan keris pulanggeni, karena ceroboh pandu menginjak injak mayat prabu tremboko yang mengakibatkan menancapnya keris kala nadah ke tubuh pandu dewanata yang membuatnya harus di gotong mundur dari medan perang. sampe pada ahirnya ajalah sang pandu bersamaan ajalnya dewi madrim ketika melahirkan nakula sadewa. saat itulah destarata diangkat sebagai raja agung hastinapura.sengkuni sudah menjadi patih setelah mengakali patih hastinapura gandamana, walo itu harus dibayar dengan poteng potengnya keadaan sengkuni. konon sebelum dipoteng poteng oleh gandamana sengkuni sangat tampan sekali. namun setelah peristiwa poteng memotrng oleh gandamana wajah sengkuni jadi cacat seumur hidup.

ketika destarata menjadi raja. maka saat itulah duryodana mendapatkan jalan untuk merebut kembali penguasaan hastinapura. kembali ke tangan trah dasarata, tentu harus jatuh kepada duryodana. maka saat itulah penyiksaan dan bermacam kejadian menimpa pandawa dilakukan oleh para kurawa. dendam terus berlanjut. dan terus berlanjut sampe berahir dalam perang bharata yudha yang membunuh hampir seluruh keluarga besar bharata. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar