Sabtu, 15 Agustus 2009

arjuna sang raja "perasa"



arjuna adalah tokoh yang paling terkenal di antara pandawa sebagai tokoh yang menggambarkan lelananging jagad. pria paling tampan yang dipuja puja oleh wanita di seluruh jagad. sehingga arjuna memiliki istri yang sangat banyak. konon arjuna tidak cuma tampan wajah dan juga memiliki aura kegantengan yang luar biasa. tetapi segala gerak geriknya sanggup membuat para wanita jatuh cinta kepadanya sepenuhnya.

salah satu yang bahkan sangat melekat kepada diri arjuna adalah sipat "peka" nya. konon arjuna mampu memahami sipat dan rasa wanita, biahkan bidadari yang sangat halus penuh dengan sanepan. nah disinilah arjuna sangat mampu meresapi makna maknanya. dan sanggup memberikan yang terbaik kepada mereka. sehingga arjuna benar benar lelaki yang sangat luar biasa.

tetapi karena "kepekaan" rasa dari arjuna ini, sering arjuna mengalami masalah. seringkali arjuna harus didera sakit hati yang sangat karena sipat kepekaan rasanya. jika sudah demikian maka arjuna membawanya ke dalam hutan. ditemani punakawan berpindah pindah tempat memasuki hutan. menantang bahaya dari binatang buas, raksasa dan juga bangsa alusan. ya arjuna melakukan itu semua agar hatinya menjadi tenang. karena itulah arjuna sangat dikenal senang sekali bertapa.

kisah yang terkenal tentang arjuna yang bertapa sebelum bertemu dengan supraba adalah terjadi karena arjuna tak bisa mengalahkan narakasura. saat itu arjuna bener bener merasa terluka hatinya dan meninggalkan medan perang untuk bertapa. yang pada ahirnya dalam pertapaanya dia diberi betari supraba karena jasanya mengalahkan niwatakaca. semua berawal dari rasa "sakit hati" arjuna karena merasa tak mampu mengalahkan narakasura alias sitidja yang menjuwing juwing samba saudaranya sendiri dalam kisah perang gojali suto.

kisah turunya bhagawad ghita sendiri juga adalah kisah dimana arjuna merasa masygul karena harus menghadapi para sesepuh. karena itulah kresna memejangnya dengan ajaran yang sangat luar biasa yang menjadi ajaran bhagawad ghita. semua karena halusnya dan pekanya perasaan arjuna.

dalam kisah kematian abimanyu, arjuna yang suangat merasa sedih naik darahnya dan mengatakan akan membunuh dirinya sendiri jika pada esok hari tak mampu membunuh jayadrata sampe matahari tenggelam. semua ini karena rasa halus rasa arjuna. bahkan dikisahkan sampe sampe arjuna walo setelah membunuh jayadrata yang dibantu taktik sri kresna menutup matahari dengan chakranya, arjuna sempet lama bertapa mengundurkan diri dari bharata yudha. dan dia sempat lama sekali baru mau melawan adipati karna. hanya karena satu hal. yaitu karena srikandi dirobek kembennya oleh adipati karna dalam perang panah. hanya karena rasa cemburunya yg meluap saja ahirnya arjuna mau menghadapi adipati karna.

arjuna sangat berperasaan halus sekali. karena itu sering arjuna diperankan wanita dalam wayang orang. selain menggambarkan ketampanan yang luar biasa juga menggambarkan bagaimana "kehalusan" sipat dan perasaan arjuna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar